Ini Dia Gagasan ‘Pertahanan Sakti 5.0’ Ganjar Ketika Debat Capres

DKI Jakarta – KPU menyelenggarakan debat ketiga Capres dan Cawapres Republik Indonesia 2024-2029 dengan tema “Pertahanan, Keamanan, Hubungan Internasional dan Geopolitik”. Debat ini digelar di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (07/01/2024) malam.

Pada kesempatan ini, Capres nomor urut 03 Ganjar Pranowo memaparkan salah satu program unggulannya di sektor pertahanan, yaitu “Pertahanan Sakti 5.0”. Adapun gagasan ini disampaikan Ganjar dalam sesi pemaparan visi misi, atau ketika menjawab pertanyaan dari paslon lain.

Mulanya Ganjar menyoroti perihal sistem perencanaan sektor pertahanan yang saat ini cenderung top-down perlu dirubah menjadi bottom-up, supaya segala program pertahanan bisa sesuai dengan yang dibutuhkan dan kondisi pertahanan tidak stagnan.

“Kalau kita lihat di 2024, rasa-rasanya agak berat dicapai. Maka saya khawatir, makin mundur, tidak ajeg dalam perencanaan, ini menyulitkan. Dan kita perlu garda samudra untuk mengawal Indonesia dan pertahanan sakti 5.0,” ujar Ganjar Pranowo.

Pada sesi terpisah, Ganjar juga menuturkan bahwa melalui “Pertahanan Sakti 5.0”, dirinya ingin meningkatkan alokasi belanja pertahanan antara 1 hingga 2 persen, yang dibarengi dengan pertumbuhan ekonomi nasional minimal 7 persen.

Tim Editor

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*