Mbak Puan Dorong Produk ‘Kopi Gesing’ Terus Naik Kelas

Kabupaten Temanggung – Menyandang predikat sebagai Kota Tembakau, nampaknya Temanggung juga memiliki komoditas lain yang tak kalah pamor, yakni kopi. Bahkan, begitu terkenalnya kopi di Temanggung, Ketua DPR RI, Mbak Puan Maharani memasukkan wilayah Temanggung sebagai salah satu tempat kunjungan kerjanya, Rabu (31/01/2024).

Mbak Puan berkunjung langsung ke sentra penghasil dan pengolahan kopi di Desa Gesing, Kecamatan Kandangan. Ia didampingi oleh Ketua DPD PDI Perjuangan Jateng Ir. Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul, Sekretaris DPD Partai Sumanto, dan Bendahara DPD Partai Agustina Wilujeng Pramestuti.

Nampak juga turut ikut dalam rombongan itu adalah Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPR RI maupun DPRD provinsi, seluruh Fraksi PDI Perjuangan Temanggung, dan jajaran Komandan Tempur Elektoral (KomandanTe) Bintang Dua Temanggung.

Mbak Puan memanfaatkan momen itu untuk berdiskusi langsung dengan petani dan pengolah kopi setempat. Didapat-lah sebuah informasi bahwa produk kopi dari Desa Gesing ini memang sangat bagus. Bahkan, pemasarannya pun sudah menjangkau luar negeri. Selain meningkatkan taraf hidup masyarakat, produk kopi ini secara tidak langsung juga telah membuka lapangan kerja yang lebih luas.

Mbak Puan sangat mengapresiasi pihak-pihak yang telah berjuang keras memasarkan Kopi Gesing itu. Baginya, usaha lokal seperti ini harus senantiasa didukung, agar masyarakat bisa lebih sejahtera. Selain itu, dirinya juga berpesan agar produk kopi juga lebih intens dipasarkan melalui web maupun media sosial. Menurutnya, perkembangan teknologi yang canggih telah merubah pola beli konsumen dari konvensional menjadi online.

Terkait dengan tantangan seperti pupuk yang terkadang langka dan mahal, Mbak Puan meminta agar pemerintah maupun anggota dewan lebih proaktif. Mereka harus menyuarakan dan memperjuangkannya, agar tidak ada kerisauan lagi dari petani. Mbak Puan juga berpesan agar petani terus berprogres dan belajar termasuk ke Dinas Pertanian, agar tantangan perubahan cuaca bisa ditanggulangi serta tidak menurunkan produksi kopi.

Tim Editor

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*