Peringati Hari Sumpah Pemuda, PDI Perjuangan Gelar Lomba Menulis Untuk Negeri

DPP PDI Perjuangan akan menyelenggarakan Kegiatan Peringatan Ke-90 Sumpah Pemuda 2018, dengan tema #01INDONESIAKITA.Kegiatan Sumpah Pemuda dengan tagline “Milenial Yang Berbudaya” ini akan digelar selama dua hari. Kegiatan pertama pada Sabtu 27 Oktober di Kedasi Café Graha Niaga Thamrin. Dan Minggu, 28 Oktober 2018, sebagai hari puncak acara Sumpah Pemuda di Hall D2 Jakarta International Expo (JI Expo) Kemayoran, Jakarta Pusat.Acara puncak Sumpah Pemuda akan diramaikan oleh Artis Nusantara, mulai Krisdayanti, Katon Bagaskara, Roni Sianturi, Raven Pono, Harvey Maliholo, Ian Kasela, Iis Sugianto, Lita Zen, Nindi Else, Jefry Woworuntu, Cicha Koswoyo, Tina Toon dan lainnya.

Presiden Jokowi, Ketua Umum PDI Perjuangan Hj. Megawati Soekarnoputri, Struktur Partai, Caleg PDIP, Sayap Partai, Elemen Masyarakat, Atlet dan Kabinet Kerja juga akan hadir.

Tujuan Peringatan Hari Sumpah Pemuda oleh PDI Perjuangan adalah:

  • Menanamkan ideologi Pancasila dan wawasan kebangsaan kepada generasi muda agar cinta dan peduli NKRI.
  • Menumbuhkan kepekaan anak muda terhadap permasalahan sosial dan politik.
  • Tidak melupakan sejarah. Di mana sekumpulan pemuda kala itu, berkumpul untuk menyuarakan semangat perjuangan. Mereka menghendaki Indonesia segera merdeka, berdiri menjadi sebuah negara kesatuan yang terbebas dari penjajah.
  • Pemuda harus memiliki Toleransi, Peduli, Kreatif, dan Sederhana.

Peringatan Sumpah Pemuda ini juga akan diisi dengan beberapa kegiatan, diantaranya:

1. Dialog Kebangsaan dengan tema “Berkarya, Berekspreasi, Berkolaborasi”

Forum Pemuda ini akan diisi oleh narasumber dari berbagai profesi, mulai Organisasi Kepemudaan, Badan Eksekutif Mahasiswa, Penulis, Penyanyi, Atlet, Vloger, CEO, Komedi dan Ketua TKN 01 Erik Tohir.

2. Startup Show Case & Diskusi 

Dunia Digital dan Pemahaman Startup diharapkan mampu memberikan solusi membangun kehidupan sosial dan bisnis (Entrepenuer) buat generasi milenial.

3. Diskusi & Lomba Vlog dengan tema “Aku, Kamu, Kita dan Indonesia” 

Peserta Vlog dapat mengirimkan karya vlog-nya melalui email ke alamat: sumpahpemuda2018@pdiperjuangan.id

Panitia akan menyeleksi dan mempublikasikan karya yang dianggap layak di akun sosial media resmi Partai dan hasil karya peserta adalah milik panitia.

Panitia Lomba Vlog juga menyediakan hadiah uang tunai dengan total Rp. 40.500.000.

Pengumuman pemenang Vlog pada Pertengahan Desember 2018.

4. Menulis Surat Cinta Untuk Negeri dengan Tema “Surat Cinta Untuk Indonesia” 

Lomba tulisan tangan anak muda Indonesia mengekspresikan kecintaan Indonesia dan Kesatuan. Ini adalah bagian dari PDI Perjuangan untuk menumbuhkan kembali semangat menulis. Peserta Surat Cinta diikuti oleh Pelajar tingkat SD, SMP, SMA hingga Mahasiswa. Lomba nulis ini diharapkan bisa menumbuhkan semangat pemuda dan pemuda milenial rajin dalam menulis.

Nantinya, setiap naskah yang diterbitkan akan mendapat hadiah honor sebesar @Rp 500.000 / tulisan.

5. Konser Musik

Acara ini menampilkan lagu-lagu yang membangkitan rasa Nasionalisme dan kebanggaan Indonesia, sekaligus pengumpulan dana gempa tsunami di Palu & Donggala.

6. Penghargaan Tokoh Muda Inspiratif

Peringatan Hari Ke-90 Sumpah Pemuda oleh PDI Perjuangan diharapkan bisa menjadi semangat anak muda di era milenial dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa dan Negara. Pemuda harus menjadi garda depan dalam perubahan social dan selalu kerja nyata buat bangsa.

 

Jakarta, 23 Oktober 2018

Ketua DPP PDI Perjuangan

Bidang Pemuda & Olahraga

Sukur H. Nababan

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*