Kunjungan ke Surakarta, Mbak Puan Tutup Rangkaian SIPA 2023

Foto: Mbak Puan Menutup Rangkaian SIPA 2023 di Kota Surakarta

Kota Surakarta – Ketua DPP PDI Perjuangan sekaligus Ketua DPR RI, Mbak Puan Maharani menutup rangkaian acara Solo International Performing Arts (SIPA) 2023 yang diselenggarakan di Benteng Vastenburg, Surakarta. Acara ini berlangsung selama tiga hari sejak tanggal 31 Agustus hingga Sabtu (2/9/2023).

Sebagai informasi, acara diikuti oleh tujuh negara, yakni Indonesia, Lithuania, Singapura, Malaysia, Taiwan, Korea, dan Jepang. Dalam sambutannya, Mbak Puan menekankan pentingnya seni sebagai sarana menghubungkan dan memahami satu sama lain di tengah perbedaan budaya.

Foto: Mbak Puan Sampaikan Seni Merupakan Bahasa Komunikasi yang Universal Antar Bangsa

Menurutnya, SIPA merupakan sebuah festival seni tahunan yang menampilkan berbagai pertunjukkan seni dari berbagai belahan dunia, telah berhasil menciptakan hubungan antar bangsa melalui bahasa universal, yaitu seni.

“Kesenian adalah bahasa universal yang menghubungkan kita semua. Melalui seni seperti berbagai seni pertunjukkan dari berbagai negara yang sudah kita saksikan di Solo International Performing Arts 2023, kita seperti sedang berbicara dengan indah antara satu negara dengan negara yang lain,” jelasnya.

SIPA tahun 2023 mengangkat tema Say All With Arts dengan tujuan untuk menghidupkan semangat keindahan seni dalam kehidupan sehari-hari. Kesenian dianggap sebagai pusat keindahan yang diharapkan dapat menjaga kehidupan agar tetap indah. Mbak Puan menilai bahwa seni pertunjukan memiliki kemampuan untuk mengikat hati nurani dan memperkuat rasa kebersamaan.

Lebih lanjut, Mbak Puan menambahkan, “Dengan seni pertunjukan, kita sedang bicara dari hati ke hati, terhubung secara rasa, melalui kekayaan budaya dan kesenian negara kita masing-masing,” terangnya.

SIPA 2023 telah sukses menjadi salah satu acara seni yang mempererat hubungan antar negara dan mempromosikan nilai-nilai universal seni dalam sebuah pertunjukkan yang memukau. Acara ini juga tercatat dalam kalender Kharisma Event Nusantara 2022 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, menunjukkan peran pentingnya dalam mendukung sektor pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*