Relasi Implisit Ganjar-Mahfud, Seni Budaya, dan Jatidiri

Kota Semarang – Pelaksanaan Rapat Internal Tim Pemenangan Daerah (TPD) Ganjar Pranowo dan Mahfud MD yang dihadiri tak kurang dari 7.000 orang ternyata menyisakan sebuah hal yang unik. Sebagai informasi, acara tersebut dilaksanakan di GOR Jatidiri, Kota Semarang dan menampilkan ragam local wisdom dari berbagai daerah di Jawa Tengah.

Venue GOR Jatidiri seakan ingin menyampaikan pesan kepada publik bahwa pasangan Capres-cawapres Ganjar dan Mahfud merupakan sosok yang orisinil. Bukan sebagai gotak-gatuk matuk, secara etimologi, ‘jati diri’ berarti sesuatu yang melekat di dalam diri seseorang, baik itu meliputi karakter, watak, maupun kepribadiannya. Dengan makna lain, jati diri berarti sesuatu yang melekat pada diri seseorang.

Di GOR Jatidiri, acara tersebut dihadiri oleh kader Partai politik pendukung dan pengusung, buruh, petani, nelayan, tokoh agama, budayawan, seniman, guru, millennial, hingga Gen Z. Seluruh elemen masyarakat hadir, tumpah-ruah memadati setiap ruang acara dan ingin menitipkan pesan kepada Ganjar-Mahfud agar selalu memperjuangkan nasib mereka.

Ini menjadi sinyal, bahwasanya jati diri pasangan Ganjar-Mahfud merupakan sosok yang dekat dengan masyarakat. Keduanya mau mendengarkan aspirasi Wong Cilik dengan tujuan nantinya kebijakan yang diciptakan bisa berimplikasi positif untuk menambah tenaga Kaum Marhaen.

Kedua, dalam diri Ganjar-Mahfud tentu terbangun sebuah kesadaran jika bangsa Indonesia ini memiliki berbagai seni dan budaya yang harus senantiasa diperhatikan eksistensinya. Terbukti, di acara itu banyak pegiat seni datang, kemudian menampilkan berbagai tari seperti Kuda Lumping, Dolalak, hingga Kebo Giro.

Tidak mungkin seniman itu hadir dan siap untuk turut serta menyukseskan Pilpres, jika tidak ada emosional bonding yang terbangun bersama Ganjar-Mahfud. Catatan singkat, saat menjabat sebagai Gubernur Jateng misalnya, Ganjar selalu memberikan bantuan untuk pengembangan kelompok seni. Ia juga selalu hadir dalam acara pentas seni budaya serta sering menggelar audiensi dengan pegiatnya.

Tim Editor

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*