Ganjar Ajarkan Lima Skema untuk Nelayan Waduk Gajahmungkur

Ganjar Ajarkan Lima Skema untuk Nelayan Waduk Gajahmungkur

Wonogiri – Calon Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengunjungi Tempat Pendaratan Ikan Waduk Gajahmungkur Wonogiri, Sabtu (28/4/2018). Ia mengajarkan lima skema untuk nelayan setempat agar kesejahteraannya meningkat. Ketua Koperasi Mina Tirta Basuki menyampaikan, jumlah nelayan di Waduk Gajahmungkur sekitar 1600-an.

Kesejahteraan mereka bergantung pada banyak sedikitnya ikan yang ditangkap. Pada bulan Januari hingga Juni adalah masa paceklik karena air sedang tinggi sehingga ikan sulit didapat. Sedangkan masa panen pada bulan Juli hingga September. “Kalau air tinggi, ikan sembunyi di tanaman bawah waduk jadi susah ditangkap. Kalau air surut ikan pada keluar, saat itulah panen,” katanya.

Ganjar Ajarkan Lima Skema untuk Nelayan Waduk Gajahmungkur

Pada masa panen, per nelayan bisa menangkap ikan 6-7 ton per hari. Waduk ini terkenal akan ikan nila, patin, dan tawes. Kendala utama nelayan adalah mahalnya harga alat tangkap seperti jaring dan pancing. Selain itu penjualan ikan masih bergantung pada tengkulak. “Kalau lagi banyak ikan di tempat lain, kadang bakul nggak ke sini, kita nggak bisa jual ya pasrah,” kata Basuki.

Ganjar memberikan lima skema agar para nelayan bisa meningkatkan kesejahteraannya. Pertama adalah memaksimalkan kerja sambilan pada masa paceklik. Bisa bertani, buruh bangunan, atau usaha lain yang menghasilkan. Kedua, untuk kendala alat tangkap bisa mengajukan bantuan ke Pemprov Jateng.

Ganjar Ajarkan Lima Skema untuk Nelayan Waduk Gajahmungkur

Untuk pemasaran, Ganjar meminta koperasi yang ada membuat divisi penjualan. “Ada bagian yang tugasnya mencari pasar, jadi tidak bergantung bakul,” katanya. Keempat adalah mencoba usaha peternakan seperti kambing atau sapi. Untuk ini, Ganjar berjanji mendatangkan para ahli untuk melatih warga.

Bantuan bibit kambing dan sapi pun bisa diberikan setelah warga sudah diketahui keseriusannya. “Terakhir, soal modal kalau mau saya datangkan Bank Jateng. Ada kredit bunga rendah, saya sedang minta skema pembayaran per tiga bulanan agar memudahkan untuk nelayan dan petani,” jelasnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*