Relawan Baguna Bantu Evakuasi dan Salurkan Bantuan di Sulteng

Palu – Tim Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) PDI Perjuangan dikirim ke wilayah bencana Sulawesi Tengah (Sulteng) dan sudah tiba di Kota Palu, pada Senin (1/10) pagi. Atas instruksi langsung Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, tim Baguna dari Sulawesi Barat dan Sulawesi Selatan dikirim ke Sulteng melalui jalur darat. Tim Baguna itu dikoordinasikan langsung oleh Ketua DPD PDIP Sulsel Andi Ridwan Wittiri.

Sebanyak 20 personel Baguna yang mencapai Palu dengan membawa tiga ambulans dan satu mobil operasional. Rombongan Baguna membawa obat-obatan, selimut, pakaian dan logistik yang disiapkan dari Makassar. Personel Baguna langsung berkoordinasi dengan tim Badan SAR Nasional (Basarnas) dan turun ke lapangan untuk mengevakuasi korban.

Wakil Sekretaris DPD PDIP Sulsel Risfayanti Muin menjelaskan bahwa tim Baguna langsung bergabung dengan Basarnas yang tengah melakukan evakuasi korban di Hotal Roa Roa. “Tadi ada delapan jenazah yang berhasil dievakuasi,” katanya. Personel Baguna lainnya juga menjangkau sejumlah titik pengungsian.

PDI Perjuangan sudah mengumpulkan logistik di Makassar untuk selanjutnya dikirim ke Sulteng melalui jalur darat. Alternatif lainnya adalah mengirimkan logistik melalui jalur lalut menggunakan kapal TNI AL. Untuk jarak tempuh jalur darat dari Makassar hingga Palu sekitar 24 jam. “Sementara jalur laut bisa 20 jam,” kata Risfa.

Risfa menambahkan, DPD PDI Perjuangan Sulsel juga membantu pengungsi yang sudah tiba di Makassar setelah sebelumnya dievakuasi menggunakan pesawat Hercules TNI AU. Sebagian besar pengungsi yang sudah tiba di Makassar hanya membawa barang yang melekat di badan. Kini, sebagian pengungsi ditampung di Asrama Haji, RS Sayang Rakyat dan RS Wahidin. Risfa menuturkan, para pengungsi membutuhkan trauma healing. “Karena teman-teman dari Palu ini mendengar suara agak besar dan keras sedikit langsung kaget. Mereka trauma. Kami memberi motivasi sebagai trauma healing,” ujar Risfa.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*