Delegasi Satgas Cakra Buana Jawa Tengah Turut Meriahkan HUT Partai Ke-50

Jakarta – DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah turut andil menyemarakkan rangkaian acara HUT Ke-50 PDI Perjuangan yang dilaksanakan di JIExpo Kemayoran, Jakarta. Tak tanggung-tanggung, sebanyak 900 Anggota Satgas yang berasal dari wilayah Eks Karesidenan Kedu diberangkatkan dalam acara itu. Di sana mereka mengikuti apel akbar bersama dengan Satgas Cakra Buana dari berbagai penjuru tanah air dengan jumlah total 7.000 personel.

Berpakaian Satgas lengkap dengan balutan loreng merah-hitam, para penjaga marwah Partai ini nampak gagah berani mengamankan dan menyukseskan jalannya acara. Delegasi Satgas Cakra Buana dari DPD Jawa Tengah ini juga mengemban tugas besar dalam mengantarkan 50 tumpeng besar yang menjadi salah satu ikon di acara tersebut. 

Foto: Satgas Cakra Buana DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah Ikut Mengantarkan 50 Tumpeng Besar dalam Peringatan HUT Partai Ke-50

Adapun koordinator pengerahan Satgas Cakra Buana dalam HUT Ke-50 PDI Perjuangan dari DPD Partai Jawa Tengah ini adalah Sofwan Ardyanto, Dion Agasi Setiabudi, dan MH Zainudin. Ketiganya mengorganisir secara disiplin delegasi dari Jateng tersebut sehingga rangkaian acara yang diikuti oleh Satgas bisa berjalan dengan baik.

Sebagai informasi, Satgas Cakra Buana ini memiliki kilas balik yang penuh dengan nilai sejarah. Mereka mengawal Ibu Ketua Umum Megawati Soekarnoputri ketika menghadapi pemerintahan yang represif, yakni saat orde baru berkuasa. Di sisi lain, Satgas Cakra Buana juga memiliki tujuan mulia, yakni senantiasa hadir dan membela ‘Wong Cilik’.

Foto: Satgas Cakra Buana DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah dalam Acara HUT Ke-50 PDI Perjuangan di JIExpo Kemayoran

Sebagai bagian dari keluarga besar PDI Perjuangan, Satgas Cakra Buana tentu juga diharapkan menjadi benteng bagi rakyat kecil yang tidak boleh melakukan tindak kekerasan dalam bentuk apapun. Mereka dibentuk sekaligus ditempa dengan dasar nilai-nilai Partai dan idee-idee Bung Karno, sehingga secara otomatis memiliki kepribadian yang dekat dengan masyarakat.

Selain menjadi satuan penjaga marwah Partai, Satgas Cakra Buana ini tentu juga mengemban tugas untuk hadir di bidang sosial-kemasyarakatan dan sosial-kemanusiaan. Satgas memiliki tujuan visioner untuk menjadi promotor ketertiban hukum sekaligus membantu aparat penegak hukum menciptakan lingkungan yang kondusif. Ketika terjadi bencana alam, Satgas juga akan dikerahkan untuk hadir membantu para korban, mendirikan dapur umum, hingga clering area pasca terjadi bencana.

Tim Editor

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*