Makna Dibalik 7.000 Peserta Deklarasi Pemenangan Ganjar-Mahfud

Kota Semarang – Total peserta yang mengikuti acara Rapat Internal TKD Ganjar Pranowo dan Mahfud MD di GOR Jatidiri, Kota Semarang ini tidak kurang dari 7.000 orang. Mereka terdiri dari jajaran kader Partai politik pendukung dan pengusung, relawan, simpatisan, millennial, Gen Z, budayawan, tokoh agaman, serta berbagai elemen masyarakat yang lain.

Sebagai informasi, makna angka 7 dari total jumlah peserta 7.000 ini mengandung arti yang sangat filosofis. Pertama, tujuh bisa berarti tujuan, di mana seluruh peserta berkumpul dengan satu tujuan yang sama, yaitu memenangkan Ganjar-Mahfud dalam Pilpres 2024 nanti.

Foto: Relawan dan Simpatisan Ganjar-Mahfud Hadir dalam Acara Rapat Internal TKD di GOR Jatidiri, Kota Semarang (04/11/2023)

Kedua, dalam falsafah Jawa, tujuh disebut sebagai pitu. Ganjar-Mahfud dalam perjuangan politiknya diharapkan selalu mendapat pitulungan (pertolongan) dari Tuhan Yang Maha Kuasa. Kemudian, dalam menjalankan tugas-tugas politiknya, maka mereka harus menghadirkan pitulungan untuk membela kepentingan rakyat kecil.

Pitu juga bisa berarti pituduh (petunjuk) dan pitutur (wejangan). Ganjar-Mahfud adalah orang yang sudah sangat terbukti memiliki kompetensi dan kapabilitas di dunia pemerintahan. Untuk itu, di masa yang akan datang, mereka pasti akan memberikan petunjuk sekaligus wejangan kepada seluruh elemen bangsa dan negara agar bisa memaksimalkan seluruh potensi dan peluang yang ada agar cita-cita nasional mampu tergapai.

Bukan sebagai otak-atik gathuk, tapi angka tujuh dalam kepercayaan Jawa memang begitu dikeramatkan. Orang Jawa memiliki pemahaman mengenai Sapta Petala Langit yang berarti tujuh lapis langit yang menyelubungi jagad. Diharapkan dari 7.000 peserta deklarasi ini nantinya bisa membantu perjuangan politik Ganjar-Mahfud dalam membawa Indonesia menuju masa depan yang lebih baik, mencapai pucuk tinggi laksana menuju langit ke tujuh.

Jumlah hari di kehidupan manusia-pun ada tujuh. Dari angka tujuh ini kemudian menghasilkan sebuah kontemplasi fikir. Ganjar-Mahfud mempunyai tanggung jawab agar ketika memimpin bangsa, mereka selalu hadir setiap hari di kehidupan masyarakat. Mereka lahir dari rakyat dan punya tanggung jawab penuh untuk masa depan rakyat Indonesia.

Tim Editor

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*