Ganjar Kumpulkan Inovasi Seluruh Desa di Jateng

Semarang – Banyaknya terobosan yang lahir dari desa, membuat Gubernur Jawa Tengah H Ganjar Pranowo SH MIP bertekad untuk mengumpulkan inovasi dari seluruh desa di wilayahnya dan dijadikan sebuah buku. Dia pun menyiapkan sejumlah hadiah bagi lima inovator terbaik.

Hal tersebut disampaikan Ganjar saat membuka Pelatihan Peningkatan Kapasitas Pendamping Desa 19 – 23 November yang diikuti 1.380 pendamping desa, di Hall MG Setos, Senin (19/11).

Menurut Ganjar penyusunan buku inovasi desa khusus di Jawa Tengah dirasa penting.

“Kita mau yang lebih original dan muncul dari para pendamping. Kalau mereka mengumpulkan seluruh inovasi yang ada setiap desa, problem yang ditemukan dibahas mereka. Lalu masing-masing ada solusi yang diberikan. Ini akan menjadi pelajaran yang sangat baik untuk desa yang lain,” kata gubernur.

Gubernur yakin langkah para pendamping desa di Jawa Tengah bakal dijadikan percontohan nasional. Ganjar pun menyiapkan sejumlah hadiah bagi lima inovasi terbaik.

“Maka detailnya saya ingin mereka bercerita satu lembar saja, nanti kita kumpulkan agar jadi buku. Kami kasih hadiah,” katanya.

Saat ini inovasi yang lahir dari desa di Jawa Tengah cukup banyak dan beragam sektor, dari wisata, perpustakaan, bisnis termasuk pembenahan birokrasi di level desa. Dari sektor pariwisata, Umbul Ponggok di Klaten masih jadi primadona. Namun ada juga dari sektor olahraga yang dilakukan oleh pemerintah desa Wonosalam Demak.

Sumber : Suara Merdeka

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*