Komunitas Juang Sebagai Wadah Belajar Politik Anak Muda

Kota Semarang – Eksistensi Komunitas Juang sebagai wadah rekrutmen dan kaderisasi untuk muda-mudi di Jawa Tengah tentu telah membuahkan hasil yang luar biasa. Mereka dididik dan digembala secara intens oleh jajaran Dewan Mentor dengan harapan terbentuk Karakter, Kompetensi, dan Kapasitas yang mumpuni untuk memimpin negeri di masa hadapan.

Berbeda dengan kaderisasi di Partai politik lain yang faktanya sekedar transfer knowledge saja. DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah melalui Komunitas Juang menyiapkan sistem yang jauh lebih baik.

Mereka diberikan pembinaan materi baik terkait ideologi, kepartaian, hingga kualitas leadership. Selain itu, metode pembelajaran juga dilakukan melalui penugasan-penugasan kader serta event-event lainnya yang berhubungan langsung dengan masyarakat.

Penugasan supporting yang dikenal sebagai ’Operasi Semut’ akhir-akhir ini nampak identik dengan peran serta dari Komunitas Juang. Acara HUT PDI Perjuangan, Puncak Acara Bulan Bung Karno, Konsolidasi Internal DPD Partai Jateng, Pendaftaran Capres-Cawapres ke KPU RI, hingga Rakor TPD Ganjar-Mahfud menjadi salah satu event politik di mana Komunitas Juang melakukan giat Operasi Semut-nya.

Bahkan di Pemilu 2024 nanti, beberapa Kader Komunitas Juang dipercaya untuk ikut berkontestasi. Ketika mereka berhasil memasuki arena pemerintahan, diharapkan mereka akan membawa visi besar Korps, yaitu Melu Memayu Hayuning Bawana.

Korps Komunitas Juang ini secara tidak langsung juga menjadi jawaban atas polemik yang terjadi di era aktual. Tidak sedikit anak muda yang faktanya masih apatis terhadap dunia politik. Mereka berasumsi bahwa politik adalah bidang yang dikuasai oleh generasi old serta tidak sesuai dengan realitas yang populer.

Karenanya, kader Komunitas Juang yang telah dididik dan dibina diminta untuk ikut memikul serta membumikan ide-ide Partai. Mereka mesti berperan dalam upaya penyadaran publik bahwasanya politik adalah bidang yang sangat menentukan nasib suatu bangsa dan anak muda adalah generasi yang nantinya akan meneruskan estafet kepemimpinan negeri.

Tim Editor

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*