Pupuk Mahal, Petani Sampaikan Aspirasi ke Mbak Puan

Kabupaten Temanggung – Permasalahan dalam dunia pertanian memang menjadi tantangan yang harus segera diselesaikan. Kelangkaan dan kenaikan harga pupuk subdisi salah satunya yang mengakibatkan petani kopi di Desa Gesing, Kecamatan Kandangan mengeluh, Rabu (31/01/2024).

Persoalan tersebut kemudian disampaikan langsung kepada Ketua DPR RI, Mbak Puan Maharani ketika melakukan kunjungan kerja di wilayah Temanggung. Petani tersebut berharap agar pupuk bersubdisi nantinya bisa tersedia kembali dan harganya bisa dijangkau.

“Kami ingin menyampaikan, mewakili teman-teman petani kopi, bahwasanya saat ini harga pupuk sangat mahal, belum lagi ada kelangkaan. Untuk jenis urea kini ditiadakan untuk kopi dan NPK dibatasi, sehingga kami para petani mengalami kesulitan. Mohon kepada Mbak Puan supaya ikut menyelesaikan masalah ini,” ujar Ketua Gapoktan Gesing, Triyono.

Mendengar keluhan tersebut, Mbak Puan menjelaskan jika saat ini kelangkaan pupuk dan kenaikan harga memang menjadi masalah di berbagai tempat. Sebelumnya, Mbak Puan juga sudah menceritakan kondisi di lapangan kepada kementerian terkait.

Namun, karena semakin banyak keluhan yang dirasakan petani akibat masalah pupuk itu, maka Mbak Puan bertekad untuk mendesak pihak terkait, agar ketersediaan pupuk semakin banyak sekaligus harganya murah.

“Syukur sekali, alhamdulillah saya bisa hadir di sini, bisa bersilaturahmi dengan petani-petani kopi di Gesing. Saya ingin menceritakan bahwa permasalahan pupuk bukan hanya ada di Temanggung, tapi se-Indonesia. Saat ini, kita sedang mencarikan jalan keluarnya bersama-sama. Kami dari DPR RI punya komitmen, terutama berkoordinasi dengan kementerian terkait supaya ada solusi. Aspirasi ini akan kami bahwa ke Jakarta,” tegas Mbak Puan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*